Jeroan Mesin Yamaha R25 Terbuat Dari Plastik ?

Jeroan Mesin Yamaha R25 Terbuat Dari Plastik, Jagatmobil – Dewasa ini minat konsumen terhadap motor-motor sporty begitu tinggi, selain bentuk yang sporty performa yang baik dan bertenaga juga menjadi daya tarik tersendiri dari kelas motor satu ini. Namun kebayang ga kalau salah satu komponen dari jeroan mesin motor sport itu memakai material plastik?

Baru-baru ini sedang heboh pada media sosial Super Bike negara malaysia tentang jeroan mesin motor Yamaha R25 yang terbuat dari plastik, coba bayangkan bagian oli pump yang berfungsi vital pada performa mesin untuk mengatur sirkulasi naik nya oli mesin terbuat dari material plastik. seperti pada gambar di bawah.

Komponen Oli Pump pada Yamaha R25 yang terbuat dari plastik ini pada umumnya memang diciptakan sangat kuat, namun apabila sang bikers kurang perhatian dalam merawat motor khusnya pada sirkulasi pergantian oli yang sering telat tentunya berpengaruh pada ketahanan material plastik ini menjadi mudah patah dan rompal, apabila patah dan rompal akan membuat sirkulasi oli tidak stabil dan mesin menjadi cepat panas dan jika di biarkan bukan tidak mungkin motor sport ini akan mudah mengalami gangguan kerusakan pada bagian mesin.

Pengunaan kompenen plastik pada jeroan mesin tersebut menjadi guyonan para bikers motor besar lain. dimana untuk motor kelas premium yang pada umumnya mengunakan matrial teflon sprocket mengapa pada varian Yamaha premium ini menggunakan komponen mesin yang terbuat dari material plastik?.

Brand Yamaha sendiri merupakan brand yang sangat populer dan mampu menguasai pangsa pasar dalam negri. Pihak Yamaha menanggapi hal tersebut dengan menjelaskan bahan plastik yang digunakan merupakan bahan plastik terbaik yang dapat bertahan lama pada “Heat treatment” saat mesin bekerja, untuk material komponen tersebut berbahan Polyoxymethylene yang biasa dikenal dengan Delrin, keuntunganya adalah suara akan lebih lembut dan nyaris tak terdengar dikarnakan karna minimnya gesekan. Perputaran pada kinerja gear plastik ini tidak sekeras gear lainya karna kinerja pada gear ini lebih minim hanya mengkut oli pada head silinder.

Kelebihan lain dari gear plastik ini adalah apabila terjadi kerusakan pada komponen ini serpihanya tidak akan membuat kerusakan serius pada bagian mesin. Ternyata untuk penggunaan material plastik Polyoxymethylene bukan hanya di gunakan pada motor Yamaha R25 saja pada varian lain Yamaha dan beberapa merek lain juga menggunakan material gear yang sama seperti Bajaj Pulsar pada beberapa varianya.

Jika gear olipump anda rompal, kembali lagi pada cara pemakaian frekuensi pergantian oli yang rutin, serta jenis oli harus di sesuaikan dengan spesifikasi motor dan kegunaanya. Jika anda merasa pemakaian sudah normal serta rutin dalam pergantian oli, mungkin juga anda kurang beruntung karna mendapatkan gear Oli pump kualitas buruk, solusinya ya silakan komplain saja ke deler terdekat.

Tags: